BerandaKARIMUNKualitas Air PDAM Keruh...

Kualitas Air PDAM Keruh dan Kotor, Begini Tanggapan Perumda Tirta Mulia Karimun

spot_img

KARIMUN, kabarkarimun.co.id – Perumda Tirta Mulia Karimun belakangan mendapati banyaknya keluhan masyarakat terkait kualitas air yang mengalir ke rumah-rumah warga yang kondisinya sangat keruh dan kotor.

Kepala Hubungan Langganan Perumda Tirta Mulia Karimun M.Asrizal, S.IP, M.IP menyebutkan, bahwa kondisi air kotor tersebut akibat adanya kotoran dari luar yang masuk ke dalam pipa saat perbaikan beberapa hari yang lalu.

“Beberapa hari yang lalu ada perbaikan pipa bocor di daerah Kecamatan Meral sehingga pendistribusian air di wilayah Kecamatan Meral sempat terhenti beberapa hari. Saat perbaikan tersebut, kami khawatir ada kotoran yang masuk ke dalam pipa sehingga saat selesai perbaikan dan air dialirkan kembali, kotoran dari luar tersebut tercampur dengan air yang mengalir ke rumah pelanggan,” ungkapnya, Selasa (29/10/2024).

Selain akibat dari kotoran yang masuk ke pipa, hal lain yang menyebabkan air yang mengalir menjadi keruh dan kotor adalah akibat sisa dedak atau kotoran akibat proses kimiawi yang melekat di pipa ikut mengalir bersama air ke rumah pelanggan.

“Karena saat perbaikan kebocoran pipa dalam keadaan kosong, sehingga begitu selesai diperbaiki dan air mengalir kembali, sisa dedak yang melekat di pipa ikut mengalir karena dorongan air sampai ke rumah pelanggan,” tuturnya.

Menurut Asrizal, pihak Perumda Tirta Mulia Karimun selama ini sudah memaksimalkan pembersihan bak penampungan air bersih, dan penambahan zat kimia di bak tersebut agar air tetap bersih dan jernih.

“Selanjutnya kami juga sudah membuat wash out (pembuangan air) di beberapa titik. Untuk hari ini saja kami sudah 2 kali melakukan pembersihan air di wash out dalam kurun waktu 2-3 jam agar air yang mengalir ke rumah pelanggan tetap terjaga kebersihannya,” imbuhnya.

Terakhir, Asrizal berharap, para pelanggan dapat melaporkan langsung ke pihak Perumda Tirta Mulia Karimun jika terdapat keluhan air kotor yang mengalir di rumah-rumah mereka.

“Pelanggan dapat menghubungi kami lewat saluran telepon atau datang langsung kekantor. Namun perlu kami sampaikan bahwa jam operasional kami hanya pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB saja,” tutupnya. (nku)

spot_img
SARAN BERITA

Kualitas Air PDAM Keruh dan Kotor, Begini Tanggapan Perumda Tirta Mulia Karimun

KARIMUN, kabarkarimun.co.id – Perumda Tirta Mulia Karimun belakangan mendapati banyaknya keluhan masyarakat terkait kualitas air yang mengalir ke rumah-rumah warga yang kondisinya sangat keruh dan kotor.

Kepala Hubungan Langganan Perumda Tirta Mulia Karimun M.Asrizal, S.IP, M.IP menyebutkan, bahwa kondisi air kotor tersebut akibat adanya kotoran dari luar yang masuk ke dalam pipa saat perbaikan beberapa hari yang lalu.

“Beberapa hari yang lalu ada perbaikan pipa bocor di daerah Kecamatan Meral sehingga pendistribusian air di wilayah Kecamatan Meral sempat terhenti beberapa hari. Saat perbaikan tersebut, kami khawatir ada kotoran yang masuk ke dalam pipa sehingga saat selesai perbaikan dan air dialirkan kembali, kotoran dari luar tersebut tercampur dengan air yang mengalir ke rumah pelanggan,” ungkapnya, Selasa (29/10/2024).

Selain akibat dari kotoran yang masuk ke pipa, hal lain yang menyebabkan air yang mengalir menjadi keruh dan kotor adalah akibat sisa dedak atau kotoran akibat proses kimiawi yang melekat di pipa ikut mengalir bersama air ke rumah pelanggan.

“Karena saat perbaikan kebocoran pipa dalam keadaan kosong, sehingga begitu selesai diperbaiki dan air mengalir kembali, sisa dedak yang melekat di pipa ikut mengalir karena dorongan air sampai ke rumah pelanggan,” tuturnya.

Menurut Asrizal, pihak Perumda Tirta Mulia Karimun selama ini sudah memaksimalkan pembersihan bak penampungan air bersih, dan penambahan zat kimia di bak tersebut agar air tetap bersih dan jernih.

“Selanjutnya kami juga sudah membuat wash out (pembuangan air) di beberapa titik. Untuk hari ini saja kami sudah 2 kali melakukan pembersihan air di wash out dalam kurun waktu 2-3 jam agar air yang mengalir ke rumah pelanggan tetap terjaga kebersihannya,” imbuhnya.

Terakhir, Asrizal berharap, para pelanggan dapat melaporkan langsung ke pihak Perumda Tirta Mulia Karimun jika terdapat keluhan air kotor yang mengalir di rumah-rumah mereka.

“Pelanggan dapat menghubungi kami lewat saluran telepon atau datang langsung kekantor. Namun perlu kami sampaikan bahwa jam operasional kami hanya pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB saja,” tutupnya. (nku)

SARAN BERITA